Sabtu, 04 Desember 2010

HAND in HAND workshop exhibition (tribute to S.Sudjojono), 8 - 15 December 2010


Pameran Hasil Workshop
“ HAND IN HAND ”
: studi sketsa mural sudjojono

oleh
Atti Kusniyati
Dewi Kartika Capri
Dina Pratipto
Djumarningsih
E. Resmiati
Pujaningsih
Sekartunggal
Sri Lassini
Tuti Ardilla
Vike Wiqoyah Satari
Sutji Martiningsih W.
Amira Yasmine Aminanda
Muhammad Iqbal Saefullah
Hajar Hanfa Azzahra Saefullah
Tajaliya Anais Aminanda
Tsalitsa Naswa Raihana Saefullah
PG/TK AL-YAHYA Cigadung


Pembukaan Pameran : Rabu, 8 Desember 2010, pukul 14.00 WIB - selesai



Pameran “ Hand in Hand ” ini merupakan hasil karya workshop dari program publik s.1 4
dalam partisipasinya pada acara tribute to Sudjojono yang diselenggarakan oleh Galeri Canna, Jakarta dan Sudjojono Center bekerjasama dengan Galeri Soemardja, FSRD ITB. Diawali dengan pameran “ Sang Ahli Gambar dan Kawan-kawan ” yang mengundang partisipasi setiap seniman dan serentak diadakan dalam ruang-ruang seni di Bandung untuk mengenang S.Sudjojono (Pak Djon) sebagai bapak seni lukis modern Indonesia.

Sejak 20-31 Oktober 2010, program publik s.14 yang diawali oleh kunjungan publik umum (anak-anak, remaja dan orang tua) ke galeri dan ruang seni di Bandung; Galeri Soemardja, Selasar Sunaryo Art Space, Lawangwangi Art & Science Estate, Platform3, dan Studio Rosid untuk melihat karya sketsa pak Djon sekaligus pemahamannya akan istilah pameran seni, galeri seni, sketsa/drawing, lukisan, patung, instalasi dan lainnya. Program publik ini diakhiri dengan workshop ‘drawing and stitching’ dimana anak-anak, remaja dan orang tua diundang untuk meniru sketsa mural selamat datang yang dibuat oleh S.Sudjojono dengan medium yang
berbeda-beda ; pensil di atas kertas, charcoal di atas kanvas, dan benang di atas kain. Lalu s.14 berpikir akan hasil akhir dari workshop ini tidak berhenti pada tahap pengenalan media baru saja, tetapi ingin mengajak partisipan workshop untuk terlibat langsung dalam simulasi persiapan pameran seni. Selain itu karya mereka dapat diapresiasi oleh publik yang lebih luas.

Judul pameran ‘ Hand in Hand’ merepresentasikan semua simulasi program publik ini ketika bersama-sama mengapresiasi, memahami, berkarya dan mempersiapkan pameran untuk apresiasi yang lebih luas dari hasil kreativitas bersama. Hal ini juga tercermin pada acara Tribute to Sudjojono yang dilakukan oleh pihak penyelenggara dan tim persiapannya, seniman dan ruang-ruang seni di Bandung. Kebersamaan ini tervisualisasikan juga dalam sketsa mural selamat datang yang dibuat oleh pak Djon yang menggambarkan keragaman suku atau ras
bangsa. Semoga semua pihak yang terlibat dalam acara ini tidak lupa akan hal tersebut, makna dibalik perbedaan dalam kebersamaan.


Selamat berapresiasi,
s.14



Program Perpustakaan s.14

6 to 5 : “ Pegangan Tangan ”, a drawing by Rabianna Laykanissa Siregar

7 “ : "Tribute to Sudjojono", a video documentation by Intermedia Studio FSRD ITB


Program Pameran ini didukung oleh

Galeri Canna, Sudjojono Center Galeri Soemardja, dan Videolab.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar